persewaan mobil di surabaya

pantai jelangkung gedangan malang

pantai jelangkung gedangan malang

Mendengar kata jelangkung, sebagian orang pasti terbayang pada sebuah cerita atau legenda makhluk halus turun temurun yang menyeramkan. Namun berbeda dengan jelangkung yang ada di Malang. Ya, jelangkung yang dimaksud di kota apel ini adalah nama sebuah pantai. Ketika berada di Malang, cobalah untuk mengunjungi Pantai Jelangkung ini.


Pantai Jelangkung berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini terletak persis di pinggir jalan lintas selatan (JLS) Malang. Nama pantai ini memang unik dan membuat siapapun yang baru pertama mendengarnya merasa penasaran. Namun tak seseram namanya, rona keindahan pantai ini justru terlihat begitu jelas dari jalan raya yang sudah mulus beraspal.

Sebenarnya nama asli pantai ini adalah Jolangkung yang dalam bahasa Jawa berarti ‘ojo liwat’. Adapun dalam bahasa Indonesia, ‘ojo liwat’ berarti ‘jangan lewat’. Dahulu di pantai ini ombaknya terkenal sangat besar hingga meluber ke jalan raya. Siapapun yang lewat di jalan raya tersebut terutama saat ada ombak besar, kemungkinan tergulung ombak. Oleh sebab itu, ketika ada ombak besar kita tidak diperbolehkan lewat, harus menunggu sebentar agar ombak reda. Berdasarkan hal itulah maka pantai ini pun disebut dengan Jolangkung (jangan melewatinya). Kemudian masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pantai Jelangkung. Hingga kini, pantai itu memang masih berbahaya jika ada ombak besar.

Namun wisatawan tak perlu takut ketika berkunjung ke pantai ini. Meskipun ombak di Pantai Jelangkung cukup tinggi, tetapi begitu sampai di bibir pantai ombak langsung berubah pelan. Hal ini karena adanya karang yang berada sekitar 10 meter sebelum bibir pantai. Tinggi karang itu hanya sekitar 50 cm, namun memanjang sepanjang pantai sekitar 300 meter, sehingga dari jauh tampak seperti seseorang yang sedang rebahan. Setiap kali ombak datang, air akan terhenti di batu karang ini. Sementara semburan air akan melingkar pelan di tubuh karang seperti air yang sedang membelai.


Pantai ini tergolong baru dikenal oleh masyarakat luas. Jika ingin menikmati keindahan dan keunikannya, Anda tidak dipungut tiket masuk alias masih gratis. Untuk menuju Pantai Jelangkung, dari kota Malang bisa mengikuti rute menuju Pantai Sendang Biru, lalu berbelok ke barat menuju Desa Gajahrejo.

Dari Desa Gajahrejo memasuki kawasan jalur lingkar selatan (JLS) jalan mulai beraspal mulus. Anda ikuti saja jalur JLS tersebut hingga sampai di Pantai Jelangkung. Lokasi pantai yang berada di pinggir jalan akan memudahkan perjalanan Anda. Jika telah sampai, Anda akan terpesona dengan keindahan serta pemandangan sekitar pantai yang begitu eksotik. Di sisi kanan dan kiri jalan dikelilingi oleh perbukitan yang cukup tinggi. Namun di sela-sela bukit itu, pandangan kita bisa menembus pantai yang membiru. Panorama yang mengagumkan tersebut sungguh menawan, seolah-olah seperti berada di luar negeri.

Oya, lokasi Pantai Jelangkung cukup dekat dengan Pantai Ngantep. Wisatawan bisa sekalian berwisata ke pantai yang tak kalah indah ini. Anda juga bisa mengunjungi pantai indah lainnya di Malang seperti Pantai Tamban, Pantai Modangan, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Balekambang, dan lain-lain. Selama liburan di kota apel ini, Anda dapat beristirahat di The Graha Cakra, Mutiara Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau  Griyadi Montana Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 19 Agustus 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.